Polsek Tuminting Berhasil Mediasi Konflik Warga, Masalah Diselesaikan dengan Damai

Polsek Tuminting Berhasil Mediasi Konflik Warga, Masalah Diselesaikan dengan Damai

Manado - beritapolri.com || Polsek Tuminting kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga keharmonisan masyarakat. Dalam upaya penyelesaian masalah warga yang sempat memanas, polisi berhasil menjalankan mediasi yang berujung pada perdamaian kedua belah pihak, Rabu (9/10/2024).

Masalah tersebut bermula dari perselisihan antarwarga di Kelurahan Tuminting yang nyaris memicu konflik lebih besar. Setelah menerima laporan, pihak Polsek Tuminting segera turun tangan dengan menerapkan pendekatan problem solving, mengundang kedua belah pihak untuk berdialog dan menemukan solusi bersama.

Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait melalui Kapolsek Tuminting Iptu Ronald Varit Sabaja, menuturkan bahwa proses mediasi berlangsung dengan penuh kesabaran dan saling pengertian. “Kami selalu mengutamakan cara-cara persuasif dan mendengarkan keluhan dari semua pihak. Pada akhirnya, kesepakatan damai tercapai,” ungkapnya.

Kedua pihak yang berselisih pun sepakat untuk menyelesaikan masalah mereka tanpa melibatkan jalur hukum, dengan bimbingan Polsek Tuminting. Upaya problem solving ini kembali menegaskan pentingnya peran polisi sebagai pengayom masyarakat dan penjaga kedamaian lingkungan.

Warga sekitar menyambut baik penyelesaian ini dan berharap agar semangat damai tetap terjaga. “Kami berterima kasih kepada Polsek Tuminting yang sudah membantu menyelesaikan masalah dengan cara yang damai. Ini contoh baik untuk semua,” kata salah satu warga yang menyaksikan mediasi tersebut.

Dengan keberhasilan ini, Polsek Tuminting membuktikan bahwa solusi berbasis dialog dan kerja sama masih menjadi cara terbaik untuk meredam konflik di tengah masyarakat.

(SY) 

0 Komentar