Polresta Magelang Fokus Cegah Tawuran dan Pelihara Kamtibmas

 Polresta Magelang Fokus Cegah Tawuran dan Pelihara Kamtibmas


Magelang-Beritapolri.com || Polresta Magelang Polda Jawa Tengah terus gencarkan upaya pencegahan aksi tawuran remaja dan meningkatkan pemeliharaan Kamtibmas di wilayah Kabupaten Magelang. Untuk pelaksanaannya, tentu membutuhkan dukungan dan peran serta berbagai pihak, termasuk seluruh elemen masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah Kombes Pol Mustofa, S.I.K., M.H. melalui Kasat Binmas AKP Anas Syarifudin, S.H., M.M. dalam acara Safari Kamtibmas. Kegiatan berlangsung di Masjid As Shobirin Dusun Kedungdowo, Desa Mertoyudan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jumat (11/10/2024).

Disampaikan Kasat Binmas, tawuran remaja tidak hanya meresahkan masyarakat, namun berakibat buruk terhadap para pelaku karena akan berurusan dengan hukum. Dengan demikian, masa depan pelaku tawuran akan suram, dan terkendala dalam meraih cita-citanya.

“Untuk itu, kepada para orang tua, mari kita perhatikan betul pergaulan anak-anak kita. Pastikan mereka fokus dalam belajar, jangan dibiarkan mereka bergaul dengan anak-anak lain yang hanya hura-hura dan enggan belajar. Pastikan anak-anak sudah di rumah pukul 22.00,” ujar AKP Anas Syarifudin.

Kasat Binmas mengajak para orang tua untuk lebih peka terhadap tindak-tanduk anak-anaknya, baik di rumah maupun di luar rumah. Perhatikan pula terkait penggunaan media sosial, harus dipantau.

“Karena bisa jadi, di rumah mereka tampak alim, namun di luar mereka mudah terhasut teman untuk bertindak melanggar aturan. Seperti mengonsumsi minuman keras (miras), balap liar, tawuran, dan tindakan melanggar hukum lainnya,” kata AKP Anas.

Ditegaskan pula, bahwa dengan Handphone di tangan anak-anak, banyak yang kurang bijak menngunakannya, seperti untuk judi online, slot, dan bahkan ajakan tawuran melalui media sosial. Diungkapkan, tawuran yang terjadi sebagian besar diawali dengan saling tantang melalui live Instagram, dilanjutkan mengonsumsi miras.

Kasat Binmas juga mengatakan menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Polresta Magelang mengajak masyarakat untuk menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif. Pilihan boleh beda namun kerukunan adalah yang utama dipelihara di lingkungan masing-masing.

“Polresta Magelang saat ini sedang melaksanakan Operasi Mantap Praja Candi 2024 guna memberikan pengamanan selama pelaksanaan Pilkada 2024. Baik sebelum, saat, maupun pasca pemilukada,” terangnya.

AKP Anas menandaskan dalam upaya menciptakan situasi aman dan kondusif Pilkada 2024 harus ada kebersamaan semua pihak. Baik pemerintah, kepolisian, lembaga terkait, dan masyarakat, sehingga dibutuhkan sinergitas, soliditas semua pihak. 

Safari Kamtibmas juga dilaksanakan di Masjid Al Mubarok, Dusun Pagersari, Desa Mranggen, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang dipimpin Wakapolresta Magelang AKBP Imam Syafi’i, S.I.K., M.Si. Juga di Masjid Nurul Muhibin, Dusun Klitak, Desa Pakunden, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang dipimpin Kabagops Kompol Eko Mardiyanto, S.H., M.A.P. 

(Red) 

0 Komentar